Keamanan Rafting saat Musim Hujan

Musim hujan telah tiba!

Dimusim hujan ini jangan sampai rencana liburanmu terganggu.

Menikmati liburan dimusim hujan juga bisa sangat seru. Salah satu cara menikmati liburan di musim hujan adalah dengan bermain arung jeram atau rafting saat musim hujan. Banyak yang bertanya tentang keamanan saat berarung jeram atau rafting saat musim hujan.

Jadi, amankah rafting saat musim hujan?

Ada beberapa metode untuk menentukan kegiatan rafting bisa berlangsung dengan lancar saat musim hujan. Salah satu caranya adalah melihat kenaikan debit air sungai.

Penyedia jasa rafting harus memeriksa debit air. Jika debit air sungai mengalami kenaikan lebih dari 40 cm dan tidak kunjung menurun dalam kurun waktu 1 jam, maka penyedia jasa rafting dapat memberi keputusan bahwa rafting ditunda demi keselamatan pengunjung saat berarung jeram.

 

Lalu, saat musim hujan tiba tidak bisa rafting?

Jawabannya adalah bisa, asalkan kondisi sungai memungkinkan untuk diarungi. Rafting saat musim hujan itu seru, karena debit sungai naik maka keseruan dalam arung jeram akan semakin bertambah. Untuk memastikan keamanan dalam kegiatan rafting, peserta rafting diwajibkan memakai alat perlengkapan rafting seperti pelampung dan helm dengan benar. Pakaian yang digunakan saat berarung jeram juga bukan pakaian yang berat ketika terkena air seperti pakaian berbahan kain jeans.